Nih Sejarah Bangkit Stadion Anfield (Liverpool)

Stadion Anfield Liverpool, siapa yang tidak kenal slogan yang diproklamirkan oleh Bill Shankly di kala 70an dan 80an, di ketika Liverpool menjadi klub Inggris yang paling ditakuti lawan yang bertandang ke Anfield. Sejarah Anfield berawal dari sebuah taman umum yang berjulukan Stanley Park, dimana pada ketika itu gres tahun 1884 Liverpool masih memiliki satu tim berjulukan Everton, namun sebab Chairmannya pada ketika itu John Houlding tidak disukai, ia tetapkan pindah dari Anfield dan menentukan ke seberang Stanley Park dimana Goodison Park berdiri sampai sekarang, semenjak ketika itu Anfield memiliki klub gres yang berjulukan Liverpool sesuai dengan nama kota asal Beatles. Dikarenakan pertengkaran dari jaman dahulu, Liverpool dan Everton menjadi rival dan termasuk klub-klub yang diperhitungkan di Liga Inggris.

 siapa yang tidak kenal slogan yang diproklamirkan oleh Bill Shankly di kala  Nih Sejarah Berdiri Stadion Anfield (Liverpool)
Anfield Road

Berbicara soal Anfield yang memiliki kapasitas sebanyak 45.362 kursi, stadion ini juga dimiliki sepenuhnya oleh klub yang memiliki semboyan You’ll Never Walk Alone. Salah satu tempat berdiri yang populer di stadion ini ialah Kop Stand, di ambil dari nama tempat Spion Kop, yang mana pada ketika Perang Boer II, aneka macam tentara Inggris yang mati di Spion Kop dan kebanyakan ialah berasal dari tempat Lancashire, yang juga biasa disebut sebagai Scousers. Selain Anfield, penamaan Kop pada tempat berdiri atau Stand juga bisa dijumpai di St.Andrews, Birmingham dan Hillsborough, Sheffield.

Kop Stand sendiri tadinya bisa menampung sekitar 28.000 penonton dan termasuk salah satu tempat berdiri terbesar di dunia, namun semenjak tragedy Hillsborough tahun 1989, daya tampung di Kop Stand dikurangi dan dijadikan menjadi semua tempat duduk pada tahun 1994, walaupun masih merupakan pecahan dari tempat berdiri, Kop Stand masih bisa menampung The Kop sebanyak 12.409 orang.

Nasib yang sama menyerupai Arsenal akan dialami juga oleh Liverpool dikarenakan mengalami kesulitan untuk menambah kapasitas tempat duduk di Anfield, dimana mereka harus menghancurkan banyak rumah penduduk apabila ingin meneruskan rencana ekspansinya, dan itu banyak ditolak oleh warga, mungkin kebanyakan pendukung Everton sepertinya tinggal di erat situ. Liverpool diperkirakan akan meninggalkan Anfield dalam 2 tahun ke depan, dimana ketika ini mereka sedang mencari sponsor untuk bisa membantu dana sebesar 160 juta pounds untuk membangun stadion dengan kapasitas 60 ribu orang.

Sempat muncul informasi bahwa ada yang menyarankan untuk shared stadion dengan Everton di Goodison Park, namun ajuan ini ditolak mentah-mentah oleh Badan Direksi Liverpool tahun lalu, sebab itu sama saja dengan memperlihatkan gelar tidak resmi kepada Everton sebagai pemilik sejati klub sepakbola asal kota Liverpool.

0 Response to "Nih Sejarah Bangkit Stadion Anfield (Liverpool)"

Posting Komentar