Nih Sejarah Awal Adanya Uang Dan Perkembangannya Di Dunia

Sejarah Awal Adanya Uang Dan Perkembangannya Di Dunia - Uang ialah persediaan aset yang siap digunakan untuk melaksanakan transaksi. Bahasa awamnya, uang ialah alat tukar-menukar yang diterima secara umum untuk bertransaksi .

Juga uang telah mengalami perjalanan yang sangat panjang di dunia ini. Sekarang uang telah mengambil peranan yang sangat vital dalam kehidupan insan di zaman modern ini. Segala sesuatunya diukur dengan uang. Hampir semua hal di dunia kini ini dinilai dengan uang. Mulai dari barang kebutuhan sehari-hari atau barang kebutuhan primer, barang kebutuhan sekunder, barang kebutuhan tertier, dan seterusnya.
 Awal Adanya Uang Dan Perkembangannya Di Dunia Nih Sejarah Awal Adanya Uang Dan Perkembangannya Di Dunia

Bahkan kini ini jasa pun sanggup diniai dengan uang. Berbagai orang maupun instansi penyedia jasa menghargai jasa yang mereka tawarkan dengan memakai nilai mata uang. Uang telah masuk ke segala aspek kehidupan manusia.

Sejarah Uang Zaman Prasejarah 
Uang mulai kita kenal sebagai alat resmi pembayaran barulah dikenal oleh insan di zaman modern. Pada zaman insan pra sejarah, jenis uang menyerupai yang kita kenal kini belumlah dikenal. Tentu saja bukan berarti insan prasejarah tidak pernah melaksanakan proses jual beli menyerupai kita sekarang.

Pada awalnya insan selalu berusaha sendiri untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya menyerupai makan, minum, berpakaian, dan lain sebagainya. Namun seiring dengan berjalannya waktu, jumlah insan yang semakin banyak, menjadikan pula perkembangan akan kebutuhan hidup insan yang semakin bervariasi.

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang semakin banyak ini insan kemudian mulai merasa membutuhkan orang lain untuk membantunya memenuhi kebutuhan hidup. Sekelompok insan prasejarah yang tinggal di sebuah daerah misalnya. Pada awalnya ia mungkin menciptakan sediri pakaiannya dari materi kulit pohon atau kulit binatang. Dan mereka mungkin berburu hewan juga untuk memenuhi kebutuhan makan. Sedang untuk daerah tinggal biasanya mereka menetap di gua-gua, atau membangun rumah dari pepohonan di sekitarnya.

Sedangkan di daerah lain mungkin ada juga kelompok insan purba lainnya yang makan buah-buahan dari pepohonan di hutan. Nah ketika dua kelompok insan ini bertemu atau bersosialisasi, kemungkinan mereka saling tertarik dengan apa yang dimakan atau dikenakan oleh kelompok lain tersebut. Dari situ mulai terjadi komunikasi dan kemungkinan besar timbullah rasa ingin mempunyai yang kesannya menciptakan mereka melaksanakan aktivitas tukar barang atau saling bertukar barang.

Barter Tahapan Penting Sejarah Uang
Barter ialah sebuah tahap penting dalam sejarah uang dunia. Pada zaman purba, insan belum mengenal uang. Untuk sanggup mendapat barang yang mereka inginkan, mereka harus menukarkan barang yang mereka miliki dengan orang lain yang mempunyai barang yang mereka inginkan.

Sistem saling bertukar barang ini disebut dengan sistem Barter. Ternyata sistem tukar barang ini terbukti sangat efektif. Dengan adanya tukar barang ini, orang menjadi sangat dimudahkan untuk mempunyai barang dan memenuhi kebutuhannya. Mereka sama-sama merasa diuntungkan.

Kendala Sistem Barter Dalam Sejarah Uang
Setelah sekian usang sistem bertukar atau tukar barang berjalan dengan sangat baik, muncullah banyak sekali persoalan. Dalam sistem ini beberapa pihak merasa tidak mendapat pertukaran yang seimbang. Para pemilik barang merasa bahwa barang miliknya tidak dihargai dengan yang semestinya. Sementara itu pembeli juga sama-sama merasa tidak mendapat barang yang seharga dengan yang telah ditukarkan. Ketidakpuasan mulai muncul di antara mereka. Mereka sama-sama merasa tidak dihargai dengan semestinya.

Masalah lain yang muncul contohnya kasus transportasi. Untuk sanggup saling bertukar barang, tentunya mereka harus saling bertemu. Sedangkan pada zaman dahulu insan mempunyai daerah tinggal yang jaraknya biasanya cukup berjauhan. Untuk sanggup saling bertukar barang mereka harus membawa barang dagangan mereka masing-masing ke suatu daerah pertemuan. Seringkali kasus yang timbul ialah mereka merasa kerepotan membawa barang dengan jumlah banyak dan jauh. Belum lagi resiko rusaknya barang selama perjalanan.

Dari situlah semakin usang muncul ide-ide mereka untuk memakai alat pembayaran yang lebih pasti. Mereka membutuhkan sebuah alat pembayaran yang mempunyai nilai yang tetap, gampang dibawa, berlaku untuk semua jenis barang, dan tidak gampang rusak.

Sejarah Uang Logam
Setelah melalui perjalanan yang panjang, berakhirlah masa sistem tukar barang dan mulai ditemukanlah mata uang sebagai penggantinya. Satu tonggak sejarah yang sangat penting lainnya ialah munculnya mata uang sebagai alat pembayaran resmi yang mulai berlaku ketika itu.

Munculnya mata uang ini tidak secara bersamaan di seluruh dunia. Berbeda negara, kota, atau bahkan beda daerah beda pula masa berlakunya uang ini. Bahkan hingga dengan detik ini pun di beberapa negara masih ada beberapa suku yang masih belum mengenal atau belum mau memakai mata uang sebagai alat pertukaran. Masih ada sebagian suku tertentu yang masih memakai sistem barter.

Sejarah uang dimulai dari uang logam. Pada awal mulanya insan memakai barang berharga atau barang khusus sebagai mata uang menyerupai batu, logam, dan lain sebagainya. Lalu di beberapa peradaban muncullah mata uang logam. Uang logam digunakan alasannya ialah logam dianggap sebagai barang berharga. Selain itu logam juga dinilai sangat gampang dibentuk, dan sanggup dibawa dengan lebih mudah.

Kemudian di beberapa bangsa mulai muncullah jenis uang logam yang dibuat dengan bentuk dan gambar tertentu di kedua sisinya. Pada masa itu ada beberapa jenis logam yang digunakan menyerupai emas, perak, perunggu, besi, dll. Bentuknya pun tidak selalu bundar, ada pula yang berbentuk lonjong, kotak, segitiga, dll.

Sejarah Uang Kertas
Sejarah uang dunia telah melalui masa yang panjang dengan munculnya sistem barter, dan munculnya uang logam. Kini selanjutnya perkembangan uang melewati sebuah babak lain yaitu dengan munculnya jenis uang kertas.

Sejarah uang kertas muncul dari hambatan lain yang dirasakan sehabis adanya uang logam. Pada ketika melaksanakan transaksi dengan jumlah yang banyak, insan merasa mulai agak kerepotan dengan jumlah banyaknya uang logam yang harus mereka bawa. Selain alasannya ialah banyak dan berat, kasus lainnya ialah persediaan logam yang juga terbatas.

Lalu muncullah pandangan gres insan untuk menciptakan mata uang dari materi kertas. Ternyata uang kertas ini sangat disukai, walaupun lebih gampang rusak namun uang kertas ini sangatlah ringan untuk dibawa kemanapun. Selain lebih ringan, nilainyapun sanggup dibuat dengan bervariasi.

Sejarah Uang Modern 
Setelah munculnya uang kertas, sejarah uang berlanjut dengan adanya uang modern. Uang modern yang ada kini ini ada beberapa jenis, contohnya deposito, check, giro, dan lain-lain. Sekarang ini alat pembayaranpun tidak selalu dengan memakai uang secara fisik. Saat berbelanja suatu barang kini ini kita sudah sanggup memakai alat pembayaran yang lainnya contohnya kartu kredit.

Semakin usang sejarah perkembangan uang semakin mengalami kemajuan yang banyak. Uang dan alat pembayaran semakin berkembang dengan pesat. Alat pembayaran tidak lagi memakai uang fisik yang dibawa kesana-kemari. Banyak cara sudah sanggup digunakan untuk menggantikan uang logam dan uang kertas.

Dengan perkembangan sejarah uang yang pesat ini, insan semakin dimudahkan dalam menggunakannya. Bahkan dengan adanya Bank sebagai media untuk menyimpan uang dan mengirimkan uang, kini ini insan tidak perlu lagi menyimpan uang dalam jumlah yang banyak di rumah masing-masih.

Selain itu juga insan sanggup semakin gampang mengirimkan uang dari satu daerah ke daerah lain di potongan dunia manapun yang masih sanggup dijangkau. Tentunya impian kita bahwa semakin hari perkembangan sejarah uang akan semakin memudahkan insan sebagai pemakai utamanya.

Referensi:
https://sejarahasal.blogspot.com//search?q=sejarah-awal-adanya-uang-dan
http://gerilyastatistik.wordpress.com/2013/01/31/apa-itu-uang/

0 Response to "Nih Sejarah Awal Adanya Uang Dan Perkembangannya Di Dunia"

Posting Komentar