Nih Sejarah Bangkit Situs Gosip Detik.Com


Sejarah Berdiri Situs Berita Detik.com
- Detik.com ialah sebuah portal web isu di Indonesia. Detikcom merupakan salah satu situs isu terpopuler di Indonesia. Berbeda dari situs-situs isu berbahasa Indonesia lainnya.

DETIK yakni salah satu penggagas media massa yang memakai basis internet sebagai alat pemberitaannya. Di awal kemunculannya, media ini dianggap cukup berani melaksanakan inovasi. Sebab, ketika muncul di tahun 1999, teknologi internet masih menjadi sesuatu yang dianggap langka dan mahal. Sehingga, banyak yang memprediksikan bahwa media ini tidak akan bisa bertahan usang dan mati menyerupai kelahiran sebelumnya.

Sejarah Berdiri Situs Berita Detik.com

Server detik..com bekerjsama sudah siap diakses pada 30 Mei 1998, namun mulai online dengan hidangan lengkap pada 9 Juli 1998. Tanggal 9 Juli itu balasannya ditetapkan sebagai hari lahir Detikcom yang didirikan Budiono Darsono (eks wartawan DeTik), Yayan Sopyan (eks wartawan DeTik), Abdul Rahman (mantan wartawan Tempo), dan Didi Nugrahadi. Semula peliputan utama detikcom terfokus pada isu politik, ekonomi, dan teknologi informasi. Baru sehabis situasi politik mulai reda dan ekonomi mulai membaik, detikcom menetapkan untuk juga melampirkan isu hiburan, dan olahraga.

Dari situlah kemudian tercetus harapan membentuk detikcom yang update-nya tidak lagi memakai karakteristik media cetak yang harian, mingguan, bulanan. Yang dijual detikcom yakni breaking news. Dengan bertumpu pada vivid description macam ini detikcom melesat sebagai situs informasi digital paling terkenal di kalangan users internet.
Perkembangan jumlah pengunjung

Pada Juli 1998 situs detikcom per harinya mendapatkan 30.000 hits (ukuran jumlah pengunjung ke sebuah situs) dengan sekitar 2.500 user (pelanggan Internet). Sembilan bulan kemudian, Maret 1999, hits per harinya naik tujuh kali lipat, tepatnya rata-rata 214.000 hits per hari atau 6.420.000 hits per bulan dengan 32.000 user. Pada bulan Juni 1999, angka itu naik lagi menjadi 536.000 hits per hari dengan user mencapai 40.000. Terakhir, hits detikcom mencapai 2,5 juta lebih per harinya.

Selain perhitungan hits, detikcom masih mempunyai alat ukur lainnya yang hingga sejauh ini disepakati sebagai ukuran yang mendekati seberapa besar potensi yang dimiliki sebuah situs. Ukuran itu yakni page view (jumlah halaman yang diakses). Page view detikcom kini mencapai 3 juta per harinya. kini detik..com menempati posisi ke empat tetinggi dari alexa.com untuk seluruh kontent di Indonesia.

Kisah awal media Detik ini menyebabkan internet sebagai basis pemberitaan, berawal dari cerita pahit yang dialaminya. Ketika pada masa Orde Baru, media ini muncul dalam format sebagai majalah mingguan yang mengupas duduk kasus politik sebagai pokok bahasan. Namun, kekuatan Orde Baru yang sangat ketat mengawasi pemberitaan media massa, memaksa majalah tersebut menyudahi perannya untuk terbit dalam format majalah.

Hal ini sebab Detik dianggap terlalu keras dalam pemberitaannya yang dianggap menyerang penguasa ketika itu. Sehingga, dengan keputusan Menteri Penerangan ketika itu, majalah Detik bersama Tempo dan Forum harus dicabut surat Ijin Usaha Penerbitan yang merupakan surat ijin perjuangan media massa.

Referensi :
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8690319
http://bilcyber.com/2011/05/sejarah-website-detik-com/

0 Response to "Nih Sejarah Bangkit Situs Gosip Detik.Com"

Posting Komentar