Nih Sejarah Asal Ajakan Awal Adanya Kompor Di Dunia

China, Korea, dan Jepang), sudah lebih dulu mengenal kompor (lebih tepatnya tungku) daripada bangsa barat.

Tungku api sudah ada di China semenjak jaman Dinasti Qin (221-206/207 SM) dan terbuat dari tanah liat. Desainnya seolah-olah dengan kamado di Jepang pada periode Kerajaan Kofun di kala 3 hingga 6. Kamado sendiri memiliki bentuk kotak persegi yang mengurung api dengan lubang di atasnya untuk menaruh panci, dan memiliki tinggi sekitar lutut orang dewasa. Bahan bakarnya kayu atau batubara yang dimasukkan dari lubang di bab depan. Kamado berkembang dan terus dipakai hingga periode Kerajaan Edo (1603-1867).
 Kompor merupakan alat yang biasanya dipakai oleh orang lain untuk memasak sebagai tempa Nih Sejarah Asal Usul Awal Adanya Kompor di Dunia

Penduduk Eropa pada kala pertengahan, masih memasak secara terbuka dengan kayu baker. Berkembang lalu dengan menciptakan lantai yang lebih rendah untuk memasak. Selanjutnya dikenal juga memasak memakai perapian dari susunan batu. Perapian lalu dibentuk setinggi pinggang dilengkapi cerobong asap. Dengan cara ini memasak dapat dilakuakan sambil berdiri. Panci memasak diletakkan persis di atas api, digantung dengan tiang atau kaki tiga. Untuk mengatur panas tinggal menaikkan atau menurunkan posisi panci.

Kompor minyak tanah portabel pertama kali dikenalkan tahun 1849 oleh Alexis Soyer. Kompor ini bertekanan udara yang dicampur dengan minyak tanah (mirip dengan kompor pedagang kaki lima jaman dulu).Sedangkan kompor yang lainnya yaitu kompor minyak tanah yang tidak bertekanan alasannya yaitu menggunkan sumbu kompor.Namun tidak diketahui secara niscaya kapan kompor ini ditemukan.

Kompor gas pertama kali dibentuk pada tahun 1820, namun masih dalam bentuk eksperimen dan bersifat rahasia.Baru benar-benar muncul pertama kali pada World Fair di London tahun 1851. Mulai tahun 1880 kompor gas semakin dikenal masyarakat luas dan berkembang secara komersial, walaupun agak terhambat alasannya yaitu pertumbuhan jaringan pipa yang lamban.

Pada 20 September 1859, George B. Simpson di Washington DC, Amerika Serikat mematenkan kompor listrik yang menggunkan pemanas dari kumparan.Prinsipnya, energi listrik diubah menjadi energi panas lewat kumparan.Seiring perkembangan jaman, di tahun 1970 muncul pandangan gres untuk menggantikan kumparan kawat dengan glass-caramic, sehingga kompor termuktahir ketika ini tidak berbau, berasap, dan ringkas.

0 Response to "Nih Sejarah Asal Ajakan Awal Adanya Kompor Di Dunia"

Posting Komentar