Nih Sejarah 4 Februari 2004 : Terciptanya Social Media Facebook
Sejarah 4 Februari 2004 : Terciptanya Social Media Facebook - Facebook merupakan social media atau jejaring sosial yang diciptkan oleh seorang cowok berjulukan Mark Zuckerberg yang hanya diperuntukkan untuk mahasiswa Harvard biar saling mengenal satu sama lain melalui facebook sebelum menjadi jejaring sosial terbesar di dunia.
Dalam waktu dua ahad sehabis diluncurkan, separuh dari semua mahasiswa Harvard telah mendaftar dan mempunyai account di Facebook. Tak hanya itu, beberapa kampus lain di sekitar Harvard pun meminta untuk dimasukkan dalam jaringan Facebook. Zuckerberg pun alhasil meminta dukungan dua temannya untuk membantu menyebarkan Facebook dan memenuhi ajakan kampus-kampus lain untuk bergabung dalam jaringannya. Dalam waktu 4 bulan sejak diluncurkan, Facebook telah mempunyai 30 kampus dalam jaringannya.
Dengan kesuksesannya tersebut, Zuckerberg beserta dua orang temannya tetapkan untuk pindah ke Palo Alto dan menyewa apartemen di sana.
Setelah beberapa ahad di Palo Alto. Zuckerberg berhasil bertemu dengan Sean Parker (cofounder Napster), dan dari hasil pertemuan tersebut Parker pun oke pindah ke apartemen Facebook untuk bekerja sama menyebarkan Facebook. Tidak usang sehabis itu, Parker berhasil mendapatkan Peter Thiel (cofounder Paypal) sebagai investor pertamanya. Thiel menginvestasikan 500 ribu US Dollar untuk pengembangan Facebook.
Jumlah account di Facebook terus melonjak, sehingga pada pertengahan 2004 Friendster mengajukan anjuran kepada Zuckerberg untuk membeli Facebook seharga 10 juta US Dollar, dan Zuckerberg pun menolaknya. Zuckerberg sama sekali tidak menyesal menolak anjuran tersebut lantaran tak usang sehabis itu Facebook mendapatkan sokongan dana lagi sebesar 12.7 juta US Dollar dari Accel Partners. Dan sejak itu sokongan dana dari banyak sekali investor terus mengalir untuk pengembangan Facebook.
Pada September 2005 Facebook tidak lagi membatasi jaringannya hanya untuk mahasiswa., Facebook pun membuka jaringannya untuk para siswa SMU. Beberapa waktu kemudian Facebook juga membuka jaringannya untuk para pekerja kantoran. Dan alhasil pada September 2006 Facebook membuka registrasi untuk siapa saja yang mempunyai alamat e-mail.
Selain menolak anjuran dari Friendster seharga 10 juta US Dollar, Zuckerberg juga pernah menolak anjuran dari Viacom yang ingin membeli Facebook seharga 750 juta US Dollar, dan anjuran dari Yahoo yang ingin membeli Facebook seharga 1 milyar US Dollar.
Tidak ada situs jejaring sosial lain yang bisa menandingi daya tarik Facebook terhadap user. Pada tahun 2007, terdapat penambahan 200 ribu account gres perharinya Lebih dari 25 juta user aktif memakai Facebook setiap harinya. Rata-rata user menghabiskan waktu sekitar 19 menit perhari untuk melaksanakan banyak sekali aktifitas di Facebook.
Dalam waktu dua ahad sehabis diluncurkan, separuh dari semua mahasiswa Harvard telah mendaftar dan mempunyai account di Facebook. Tak hanya itu, beberapa kampus lain di sekitar Harvard pun meminta untuk dimasukkan dalam jaringan Facebook. Zuckerberg pun alhasil meminta dukungan dua temannya untuk membantu menyebarkan Facebook dan memenuhi ajakan kampus-kampus lain untuk bergabung dalam jaringannya. Dalam waktu 4 bulan sejak diluncurkan, Facebook telah mempunyai 30 kampus dalam jaringannya.
Dengan kesuksesannya tersebut, Zuckerberg beserta dua orang temannya tetapkan untuk pindah ke Palo Alto dan menyewa apartemen di sana.
Setelah beberapa ahad di Palo Alto. Zuckerberg berhasil bertemu dengan Sean Parker (cofounder Napster), dan dari hasil pertemuan tersebut Parker pun oke pindah ke apartemen Facebook untuk bekerja sama menyebarkan Facebook. Tidak usang sehabis itu, Parker berhasil mendapatkan Peter Thiel (cofounder Paypal) sebagai investor pertamanya. Thiel menginvestasikan 500 ribu US Dollar untuk pengembangan Facebook.
Jumlah account di Facebook terus melonjak, sehingga pada pertengahan 2004 Friendster mengajukan anjuran kepada Zuckerberg untuk membeli Facebook seharga 10 juta US Dollar, dan Zuckerberg pun menolaknya. Zuckerberg sama sekali tidak menyesal menolak anjuran tersebut lantaran tak usang sehabis itu Facebook mendapatkan sokongan dana lagi sebesar 12.7 juta US Dollar dari Accel Partners. Dan sejak itu sokongan dana dari banyak sekali investor terus mengalir untuk pengembangan Facebook.
Pada September 2005 Facebook tidak lagi membatasi jaringannya hanya untuk mahasiswa., Facebook pun membuka jaringannya untuk para siswa SMU. Beberapa waktu kemudian Facebook juga membuka jaringannya untuk para pekerja kantoran. Dan alhasil pada September 2006 Facebook membuka registrasi untuk siapa saja yang mempunyai alamat e-mail.
Selain menolak anjuran dari Friendster seharga 10 juta US Dollar, Zuckerberg juga pernah menolak anjuran dari Viacom yang ingin membeli Facebook seharga 750 juta US Dollar, dan anjuran dari Yahoo yang ingin membeli Facebook seharga 1 milyar US Dollar.
Tidak ada situs jejaring sosial lain yang bisa menandingi daya tarik Facebook terhadap user. Pada tahun 2007, terdapat penambahan 200 ribu account gres perharinya Lebih dari 25 juta user aktif memakai Facebook setiap harinya. Rata-rata user menghabiskan waktu sekitar 19 menit perhari untuk melaksanakan banyak sekali aktifitas di Facebook.
Related Posts