Nih Sejarah Asal Awal Mula Hello Kitty
Sejarah Asal Awal Mula Hello Kitty - Hello Kitty yakni nama untuk sekelompok huruf lucu yang didesain oleh sebuah perusahaan Jepang berjulukan Sanrio. Karakter utama dari merek ini yakni seekor kucing putih dengan ciri khas pita atau hiasan lainnya di daun pendengaran sebelah kiri berjulukan Kitty White. Kitty White ini merupakan tokoh yang paling dikenal, sehingga banyak orang menerka jikalau Kitty White yakni Hello Kitty.
Awalnya merek ini ditujukan hanya bagi para anak perempuan, namun seiring waktu, penggemar kucing-kucing lucu ini juga berdatangan dari laki-laki dan banyak sekali kalangan usia. Ada sebutan khusus bagi para penggemar dan kolektor merek ini, yaitu Kitty-ra. Pada tahun 2004, merek ini menembus pasar di lebih dari 60 negara dan menjadi sebuah subkultur yang mewakili budaya Jepang.
Hello Kitty diciptakan oleh perancang dari Sanrio yang berjulukan Shimizu Ikuko pada tahun 1974 yang merupakan tahun kelahiran resmi Hello Kitty. Penjualan barang-barang Hello Kitty gres dimulai pada bulan Maret 1975. Barang Hello Kitty pertama dipasarkan berupa dompet kecil yang disebut Puchi Purse dengan harga 240 yen. Perusahaan Sanrio bahkan tidak lagi mempunyai dompet Puchi Purse hingga menerima pemberian sebuah dompet Puchi Purse dari seorang kolektor yang kini dipamerkan di kantor perusahaan. Dompet Puchi Pursekemudian dibentuk replikanya dan dijual sebagai barang dalam jumlah terbatas.
Karakter dalam barang Hello Kitty dari tahun 1974 hingga tahun 1975 belum diberi nama. Pada dompet Puchi Purse yang merupakan produk pertama hanya tertulis kata “Hello!” (tanpa goresan pena “Kitty”). Pada awalnya orang Jepang mengenal huruf Kitty White sebagai “kucing putih tidak bernama,” hingga alhasil perusahaan memberi nama “Kitty” yang diambil dari nama kucing berbulu putih yang tampil dalam dongeng Alice di Negri Kaca(Through the Looking-Glass) oleh Lewis Carroll. Pada mulanya Kitty White tidak mempunyai nama keluarga atau nama keluarganya tidak diumumkan, “White” sebagai nama keluarga gres ditambahkan di kemudian hari.
Pada produk-produk awalnya, Kitty selalu digambarkan sedang duduk dan gres pada tahun 1977 Kitty digambarkan berdiri.
Pada tahun 1996, Hello Kitty kembali menjadi terkenal secara mendadak di kalangan siswa putri sekolah menengah pertama dan sekolah menengah berkat penyanyi Jepang yang terkenal pada ketika itu Kahara Tomomi mengaku sebagai penggemar berat Hello Kitty dalam salah satu program televisi.
Di Jepang, kepopuleran Hello Kitty mencapai titik paling rendah di sekitar tahun 1980-an. Pada tahun 1980, Yonekubo Setsuko yang merupakan desainer generasi kedua digantikan oleh Yamaguchi Y?ko yang masih memegang posisi desainer hingga sekarang. Penampilan huruf Kitty selalu diperbarui setiap tahun, bahkan penampilan Kitty berbeda-beda setiap pergantian musim. Perusahan juga mengubah sasaran pemasaran dan melaksanakan banyak sekali macam penemuan supaya angka penjualan yang tinggi sanggup dipertahankan.
Penelitian mengenai kembalinya kepopuleran Hello Kitty di Jepang pada tahun 1996 belum pernah dilakukan orang, sehingga mungkin saja Hello Kitty kembali terkenal berkat jasa Kahara Tomomi atau mungkin juga Hello Kitty sudah lebih dulu terkenal tapi beritanya tidak diangkat oleh media massa. Dalam pernyataannya pada tahun 1997, eksekutif perusahaan Sanrio pernah mengakui bahwa Hello Kitty kembali terkenal di Jepang berkat Kahara Tomomi.
Pada tahun 2004, Kitty menjabat sebagai “teman khusus anak-anak” di UNICEF hingga tanggal 1 November 2004. Selain itu, Kitty juga pernah dua kali menjabat sebagai duta UNICEF, pertama pada tahun 1983 (UNICEF America Junior Ambassador) dan yang kedua kalinya di Jepang pada tahun 1994.
Di Amerika Serikat, Hello Kitty menjadi terkenal di final tahun 1990-an berkat beberapa orang selebritis ibarat Mariah Carey yang memakai Hello Kitty sebagai gaya busana. Hello Kitty juga pernah menjadi maskot iklan untuk pasar swalayan Target. Ricky Martin, Cameron Diaz, Heidi Klum, Steven Tyler, Carmen Electra, Mandy Moore, Raven-Symon, hingga Paris Hilton dan Nicky Hilton semuanya pernah terlihat memakai barang-barang Hello Kitty. Penyanyi Lisa Loeb merupakan penggemar berat Hello Kitty hingga salah satu albumnya diberi nama Hello Lisa yang dipersembahkan kepada Hello Kitty.
Referensi:
http://rositapms.wordpress.com/2011/11/17/sejarah-hellokitty/
http://tipstops.blogdetik.com/2012/05/07/hello-kitty-part-i-sejarah-asal-mula/
Awalnya merek ini ditujukan hanya bagi para anak perempuan, namun seiring waktu, penggemar kucing-kucing lucu ini juga berdatangan dari laki-laki dan banyak sekali kalangan usia. Ada sebutan khusus bagi para penggemar dan kolektor merek ini, yaitu Kitty-ra. Pada tahun 2004, merek ini menembus pasar di lebih dari 60 negara dan menjadi sebuah subkultur yang mewakili budaya Jepang.
Hello Kitty diciptakan oleh perancang dari Sanrio yang berjulukan Shimizu Ikuko pada tahun 1974 yang merupakan tahun kelahiran resmi Hello Kitty. Penjualan barang-barang Hello Kitty gres dimulai pada bulan Maret 1975. Barang Hello Kitty pertama dipasarkan berupa dompet kecil yang disebut Puchi Purse dengan harga 240 yen. Perusahaan Sanrio bahkan tidak lagi mempunyai dompet Puchi Purse hingga menerima pemberian sebuah dompet Puchi Purse dari seorang kolektor yang kini dipamerkan di kantor perusahaan. Dompet Puchi Pursekemudian dibentuk replikanya dan dijual sebagai barang dalam jumlah terbatas.
Karakter dalam barang Hello Kitty dari tahun 1974 hingga tahun 1975 belum diberi nama. Pada dompet Puchi Purse yang merupakan produk pertama hanya tertulis kata “Hello!” (tanpa goresan pena “Kitty”). Pada awalnya orang Jepang mengenal huruf Kitty White sebagai “kucing putih tidak bernama,” hingga alhasil perusahaan memberi nama “Kitty” yang diambil dari nama kucing berbulu putih yang tampil dalam dongeng Alice di Negri Kaca(Through the Looking-Glass) oleh Lewis Carroll. Pada mulanya Kitty White tidak mempunyai nama keluarga atau nama keluarganya tidak diumumkan, “White” sebagai nama keluarga gres ditambahkan di kemudian hari.
Pada produk-produk awalnya, Kitty selalu digambarkan sedang duduk dan gres pada tahun 1977 Kitty digambarkan berdiri.
Pada tahun 1996, Hello Kitty kembali menjadi terkenal secara mendadak di kalangan siswa putri sekolah menengah pertama dan sekolah menengah berkat penyanyi Jepang yang terkenal pada ketika itu Kahara Tomomi mengaku sebagai penggemar berat Hello Kitty dalam salah satu program televisi.
Di Jepang, kepopuleran Hello Kitty mencapai titik paling rendah di sekitar tahun 1980-an. Pada tahun 1980, Yonekubo Setsuko yang merupakan desainer generasi kedua digantikan oleh Yamaguchi Y?ko yang masih memegang posisi desainer hingga sekarang. Penampilan huruf Kitty selalu diperbarui setiap tahun, bahkan penampilan Kitty berbeda-beda setiap pergantian musim. Perusahan juga mengubah sasaran pemasaran dan melaksanakan banyak sekali macam penemuan supaya angka penjualan yang tinggi sanggup dipertahankan.
Penelitian mengenai kembalinya kepopuleran Hello Kitty di Jepang pada tahun 1996 belum pernah dilakukan orang, sehingga mungkin saja Hello Kitty kembali terkenal berkat jasa Kahara Tomomi atau mungkin juga Hello Kitty sudah lebih dulu terkenal tapi beritanya tidak diangkat oleh media massa. Dalam pernyataannya pada tahun 1997, eksekutif perusahaan Sanrio pernah mengakui bahwa Hello Kitty kembali terkenal di Jepang berkat Kahara Tomomi.
Pada tahun 2004, Kitty menjabat sebagai “teman khusus anak-anak” di UNICEF hingga tanggal 1 November 2004. Selain itu, Kitty juga pernah dua kali menjabat sebagai duta UNICEF, pertama pada tahun 1983 (UNICEF America Junior Ambassador) dan yang kedua kalinya di Jepang pada tahun 1994.
Di Amerika Serikat, Hello Kitty menjadi terkenal di final tahun 1990-an berkat beberapa orang selebritis ibarat Mariah Carey yang memakai Hello Kitty sebagai gaya busana. Hello Kitty juga pernah menjadi maskot iklan untuk pasar swalayan Target. Ricky Martin, Cameron Diaz, Heidi Klum, Steven Tyler, Carmen Electra, Mandy Moore, Raven-Symon, hingga Paris Hilton dan Nicky Hilton semuanya pernah terlihat memakai barang-barang Hello Kitty. Penyanyi Lisa Loeb merupakan penggemar berat Hello Kitty hingga salah satu albumnya diberi nama Hello Lisa yang dipersembahkan kepada Hello Kitty.
Referensi:
http://rositapms.wordpress.com/2011/11/17/sejarah-hellokitty/
http://tipstops.blogdetik.com/2012/05/07/hello-kitty-part-i-sejarah-asal-mula/
0 Response to "Nih Sejarah Asal Awal Mula Hello Kitty"
Posting Komentar