Nih Sejarah Asal Seruan Adanya Benda Setrika

belanda, strijkijzer, yang artinya menghilangkan kerutan dari baju dengan alat yang dipanaskan. Bangsa China sudah mengenal dan memakai setrika semenjak satu periode sebelum masehi. Pada masa itu, mereka memakai wajan besi dengan pegangan panjang yang berisi watu bara. Nah, wajan ini lalu ditekankan di baju yang akan disetrika.

Pada tahun 400 SM setrika mulai dikenal dan dipakai oleh bangsa Yunani. Saat itu, setrika dipakai untuk menciptakan lipatan-lipatan vertikal pada pakaian-pakaian kebesaran yang akan dipakai untuk melaksanakan upacara atau ritual tertentu. Selain bangsa Yunani, bangsa Romawi juga tercatat pernah memakai setrika yang bentuknya sudah ibarat setrika modern mirip sekarang. Setrika yang dinamakan prelum ini memakai teknik pressing (tekanan).
 yang artinya menghilangkan kerutan dari baju dengan alat yang dipanaskan Nih Sejarah Asal Usul Adanya Benda Setrika

Setrika mulai muncul di Barat pada periode ke-17. Setrika yang pertama kali muncul pada masa itu dikenal dengan nama sadiron. Sadiron berbentuk sepotong besi yang tebal dengan permukaan rata dan diberi pegangan besi. Cara memakai sadiron ini yaitu dipanaskan di depan perapian terbuka atau kompor. Namun kelemahannya adalah, begitu sadiron ini dipanaskan, pegangannya pun ikut panas.

Pada selesai periode ke-19 sekitar tahun 1870, seorang ibu rumah tangga berjulukan Mary Florence Potts di Lowa menemukan setrika cetak (cast iron). Setrika ini bergotong-royong merupakan setrika sadiron yang dua ujungnya dibentuk runcing, biar menyetrika lebih mudah. Pada tahun berikutnya Mary juga menciptakan satu temuan gres yaitu sadiron dengan pegangan yang sanggup di lepas, sehingga pegangan sadiron tidak ikut panas ketika sadiron dipanaskan.

Akhir periode 19, muncul banyak inovasi setrika yang sanggup memanaskan sendiri. Misalnya, setrika yang sanggup diisi watu bara atau arang yang membara. Selain itu, ada pula inovasi setrika yang memakai bensin dan alkohol sebagai materi bakarnya.

Setrika listrik pertama kali dipatenkan pada tahun 1882. Namun pada ketika itu, inovasi ini tidak sukses alasannya sulit untuk dipakai dan belum banyak orang yang menerima listrik di rumah. Pada awal periode ke-20, setrika listrik mulai terkenal dan karenanya pada tahun 1920-an mucullah setrika listrik dengan pengatur suhu.

Saat ini setrika yang sering kita pakai pastinya sudah jauh lebih canggih dan gampang daripada zaman dulu. Selain dilengkapi dengan pengatur suhu, ada juga yang dilengkapi dengan wadah air yang sanggup kita semprotkan bersamaan pada ketika kita menyetrika. Ada juga setrika yang mengeluarkan uap panas, jadi kita tidak perlu meletakkan baju di atas papan setrika, tapi cukup di gantung saja.

Referensi:
http://engineeringtown.com/kids/index.php/penemuan/168-sejarah-ditemukannya-setrika

0 Response to "Nih Sejarah Asal Seruan Adanya Benda Setrika"

Posting Komentar