Nih Sejarah Perkembangan Adanya Puisi Di Dunia

Sejarah Perkembangan Adanya Puisi di dunia - Puisi ialah karya tulis yang sangat indah yang pernah ada. Siapapun orangnya yang membaca puisi akan merasa tajub dan kagum melihat isi atau makna dari puisi yang terkandung.

Puisi secara umum terdiri dari 6 unsur, yaitu: tema, imajinasi, amanat, nada, suasana, dan perasaan. Secara etimologis, kata puisi dalam bahasa Yunani berasal dari poesis yang artinya berarti penciptaan. Dalam bahasa Inggris, padanan kata puisi ini ialah poetry yang dekat dengan –poet dan -poem. Mengenai kata poet, Coulter (dalam Tarigan, 1986:4) menjelaskan bahwa kata poet berasal dari Yunani yang berarti menciptakan atau mencipta.

Sejarah Puisi
 Puisi ialah karya tulis yang sangat indah yang pernah ada Nih Sejarah Perkembangan Adanya Puisi di duniaPuisi sebagai bentuk seni sanggup mendahului melek. Banyak karya kuno, dari Veda India (1700-1200 SM) dan Zoroaster's Gathas (1.200-900 SM) ke Odyssey (800-675 SM), sepertinya telah disusun dalam bentuk puisi untuk membantu menghafal dan lisan, dalam prasejarah dan masyarakat kuno. Puisi muncul di antara catatan-catatan paling awal kebudayaan paling melek huruf, dengan puitis fragmen-fragmen yang ditemukan pada awal monolit, runestones, dan stelae.

Tradisi Barat
Puisi yang tertua ialah Epos Gilgames, dari milenium ke-3 SM di Sumeria (di Mesopotamia, kini Irak), yang ditulis dalam naskah goresan pena kuno berbentuk baji pada tablet tanah liat dan, kemudian, papirus. puisi epik kuno lainnya termasuk Yunani epos Illiad dan Odyssey, Old Iran buku-buku yang Gathic dan Yasna Avesta, epik nasional Romawi, Virgil Aeneid, dan India epos Ramayana dan Mahabharata.

Upaya para pemikir kuno untuk memilih apa yang menciptakan puisi khas sebagai bentuk, dan apa yang membedakan puisi yang baik dari buruk, menyebabkan dalam "puisi"-studi wacana estetika puisi. Beberapa masyarakat kuno, menyerupai Cina melalui Shi Jing, salah satu dari Lima Klasik Konfusianisme, dikembangkan kanon dari karya-karya puitis yang ritual serta pentingnya estetika. Baru-baru ini, para pemikir telah berjuang untuk menemukan definisi yang sanggup meliputi perbedaan formal sama besarnya dengan yang antara Chaucer Canterbury Tales dan Matsuo Oku Bashō itu tidak Hosomichi, serta perbedaan dalam konteks agama Tanakh meliputi puisi, puisi cinta, dan rap.

Context sanggup penting untuk puisi dan pengembangan genre dan bentuk puitis. Puisi yang mencatat insiden bersejarah dalam epos, menyerupai Gilgames atau Firdausi's Shahnameh,akan selalu menjadi panjang dan narasi, sementara puisi yang dipakai untuk keperluan liturgi (lagu pujian, mazmur, suras, dan hadis-hadis) cenderung mempunyai wangsit nada, sedangkan elegi dan peristiwa yang dimaksudkan untuk menyebabkan jawaban emosional yang dalam. Konteks lain termasuk nyanyian Gregorian, formal atau diplomatik pidato,retorika politik dan makian, cahaya-hati pembibitan dan omong kosong sajak, dan bahkan teks-teks kedokteran.

Sejarawan Polandia estetika, Władysław Tatarkiewicz, dalam sebuah makalah wacana "Konsep Puisi," jejak evolusi dari apa yang bergotong-royong dua konsep puisi. Tatarkiewicz mengatakan bahwa istilah tersebut diterapkan pada dua hal yang berbeda, sebagai penyair Paul Valéry mengamati, "pada titik tertentu menemukan persatuan. Puisi ialah seni menurut bahasa. Tapi puisi juga mempunyai arti yang lebih umum yang sulit untuk memilih alasannya kurang determinate: puisi mengekspresikan suatu keadaan pikiran tertentu. "

Referensi:
https://sejarahasal.blogspot.com//search?q=sejarah-munculnya-puisi
http://www.kataberita.com/puisi/puisi.htm

0 Response to "Nih Sejarah Perkembangan Adanya Puisi Di Dunia"

Posting Komentar