Nih Sejarah Dan Perkembangan Web Joomla

 merupakan perangkat lunak untuk administrasi konten web atau sering juga di sebut dengan CMS Nih Sejarah Dan Perkembangan Web JoomlaSejarah Dan Perkembangan Web Joomla - Joomla merupakan perangkat lunak untuk administrasi konten web atau sering juga di sebut dengan CMS ( Content Management System ). Konten yang sanggup di tangani Joomla antara lain publikasi web, mengedit web, menghapus web dan lain-lain. CMS ketika ini semakin terkenal fasilitas dalam menggunakannya.

Dahulu kalau kita ingin menciptakan web, kita harus bersusah payah mencar ilmu bahasa pemrograman web menyerupai ASP, PHP, dan Java. Dengan adanya CMS khususnya Joomla, orang awam sanggup menciptakan web dengan gampang dan cepat. CMS yang sejenis Joomla banyak, antara lain Mamboo, PHPNuke, AuraCMS dan masih banyak yang lainnya.

Asal kata Joomla sendiri berasal dari kata Swahili yang mengandung arti "kebersamaan".

Secara garis besar dan gamblang, Joomla! terdiri dari 3 elemen dasar, yaitu server web (webserver), skrip PHP dan basisdata MySQL. Server web diasumsikan terhubung dengan Internet/Intranet yang berfungsi sebagai penyedia layanan situs. Skrip PHP terdiri dari instruksi jadwal dalam bahasa PHP dan basisdata merupakan daerah penyimpanan konten. Joomla memakai Apache sebagai server web dan MySQL untuk basisdatanya.

Pertamakali, pengguna meminta terusan terhadap halaman Joomla dengan mengeksekusi URL pada browser web yang lalu terhubung dengan server web. Permintaan ini yang dalam istilah teknis lebih dikenal dengan query string selain terdapat URL juga mengandung parameter konten (section, category, ID article dan lain-lain). Berdasarkan parameter tersebut, sistem skrip Joomla melaksanakan kontak dengan basisdata dan mengambil konten yang dimaksud menurut parameternya. Terakhir, konten dan templat (template) digabung bersama dan kembali sebagai halaman html, gambar, css dan javascript.

Paket Joomla! terdiri dari beberapa bab yang terpisah dan termodul yang sangat fleksibel, sanggup dengan gampang dikembangkan dan diintegrasikan. Sebagai pola "plugins" WikiBot yang memperbolehkan penulis di Joomla memakai "Wikitags" pada bab artikel yang fungsinya secara otomatis menciptakan pranala dinamis ke artikel Wikipedia pada ketika ditampilkan. Ada lebih tersedia 1,700 "plugins" yang secara resmi didelegasikan oleh OpenSourceMatters tersedia di http://extensions.joomla.org/ dan ketika ini secara resmi dipindahkan ke http://joomlacode.org dengan santunan server yang lebih lengkap.

17 September 2005 ialah sejarah awal diluncurkannya Joomla pertama kali. versi
awal ditetapkan 1.0.0 yang sangat menyerupai dengan mambo 4.5.2.3

Andrew Eddie ketika itu sebagai Pimpinan Tim Inti Pengembang Mambo hingga agustus
2005 menentukan meninggalkan Mambo dengan menulis surat terbuka di komunitas dan
diumumkan di lembaga mamboserver.com. Selanjutnya Tim pengembang ini menciptakan situs
opensourcematters.com untuk mendistribusikan gosip ke seluruh pengembang,
desain web dan komunitas.

Pengembangan Joomla semenjak versi 1.0.0 hingga ke versi 1.0.15 mengalami laju
pertumbuhan yang luar biasa hingga menjadi kiblat pengembangan website yang
paling gampang dan paling banyak didukung oleh pengembang pihak ke-3. hingga pada
sekitar tahun 2007 Tim menetapkan pengembangan joomla 1.5.x yang memiliki
persamaan dan perbedaan yang cukup jauh. Dan ketika ini versi Joomla sudah mencapai 2.5.4

Referensi:
http://www.kudaliar.com/sejarah-joomla-dan-perkembangannya/
http://www.ahmadyunus.com/section-blog/43-membuat-website-dengan-joomla-15/66-sejarah-jomla.html

0 Response to "Nih Sejarah Dan Perkembangan Web Joomla"

Posting Komentar