Nih Sejarah Awal Bangkit Negara Arab Saudi

 merupakan salah satu negara di Dunia Islam yang cukup strategis Nih sejarah Awal Berdiri Negara Arab SaudiNegara Arab Saudi merupakan salah satu negara di Dunia Islam yang cukup strategis, terutama alasannya ialah di negara tersebut terdapat Baitullah di Makkah yang menjadi sentra ibadah haji kaum Muslim seluruh dunia. Apalagi perjalanan Islam tidak sanggup dilepaskan dari wilayah Arab Saudi. Sebab, di sanalah Rasulullah saw. lahir dan Islam bermula sampai menjadi peradaban besar dunia. Arab Saudi juga sering menjadi referensi dalam dunia pendidikan Islam alasannya ialah di negara tersebut terdapat beberapa universitas menyerupai King Abdul Aziz di Jeddah dan Ummul Qura di Makkah yang menjadi kawasan berguru banyak pelajar Islam dari seluruh dunia.

Pemerintah Saudi bermula dari penggalan tengah semenanjung (jazirah) Arab yakni pada tahun 1750 dikala Muhammad bin Sa’ud bersama dengan Muhammad bin Abdul Wahhab bekerja sama untuk memurnikan agama Islam yang lalu dilanjutkan oleh Abdul Aziz Al Sa’ud atau Abdul Aziz Ibnu Su’ud dengan menyatukan seluruh wilayah Hijaz yang dulu dikuasai oleh Syarif Husain dengan Najd.

Pada tahun 1902 Abdul Aziz menguasai Riyadh dari penguasa Al-Rashid, lalu Al-Ahsa lalu wilayah nejed antara tahun 1913-1926. Pada tanggal 8 Januari 1926, Abdul Aziz menjadi penguasa wilayah Najd. Dengan menandatangani perjanjian di Jeddah pada tanggal 20 Mei 1927 Arab Saudi menyatakan kemerdekaannya. Pada tahun 1936 wilayah itu diresmikan sebagai Kerajaan Arab Saudi.

Referensi:
http://marihanafiah.wordpress.com/2008/08/11/sejarah-arab-saudi/
http://www.indoforum.org/t79391/

0 Response to "Nih Sejarah Awal Bangkit Negara Arab Saudi"

Posting Komentar