Nih Menguak Sejarah Benda Pisau Hadir Di Dunia

Pisau, sudah tidak sanggup dipungkiri lagi. Sebagai alat tertua yang dimiliki manusia, pisau telah mendampingi insan semenjak zaman prasejarah sampai kini. Penamaannya pun beragam. Dalam bahasa Inggris, pisau diartikan knife, blade, sword, sampai dagger, bergantung pada bentuknya. Di Indonesia, penamaannya cenderung kepada pisau (atau senjata) khas sebuah yang memang mempunyai bentuk khusus.

Mengenai proses pembuatan pisau berkembang seiring perkembangan peradaban manusia.Bisa dikatakan pembuatan pisau menggambarkan tingkat peradaban insan ketika sebuah bilah pisau itu dibuat.Melalui sebuah pisau bisa diketahui teknologi tertinggi ketika itu.Mulai bentuk awal pisau yang berubah dari waktu ke waktu, evolusi bentuk, materi dan teknologi pembuatan pisau mengikuti perkembangan tren teknologi pada zamannya.
 Sebagai alat tertua yang dimiliki insan Nih Menguak Sejarah Benda Pisau Hadir di Dunia
Pisau model dulu

Pada zaman batu, pisau pertama kali dibuat dari kerikil Flint yaitu sejenis kerikil yang mengkilap dan mempunyai sisi tajam.Dengan bentuk tidak lebih dari penggalan batu, kerikil ini sanggup dengan gampang dibuat dengan ketajaman yang diinginkan.Mata pisau dari kerikil inilah yang kemudian meningkatkan kemampuan insan pada zaman kerikil untuk berburu, mencari makanan, dan menciptakan tempat berlindung.Perkembangan selanjutnya pisau kerikil ini telah mengalami pengasahan, teknologi awal pengasahan memungkinkan insan pada ketika itu untuk memperoleh pisau flint yang mempunyai permukaan halus dengan ketajaman yang tinggi.Sejak ketika itu teknologi pengulitan binatang buruan menjadi berkembang pesat.Pembuatan benang dari serat pepohonan pun mengantarkan insan ke peradaban yang lebih tinggi.

Sekilas Tentang Pisau

Manusia mempunyai ikatan yang cukup berpengaruh dengan alat-alat yang menyertai dalam peradabannya.Setiap pembuatan sebuah pisau menggambarkan dimana alat tersebut pantas digunakan. Contohnya pisau Bolo, bentuknya yang panjang dan ramping dipakai di daratan Filiphina dan sangat cocok dipakai oleh para pekerja hutan di kawasan tersebut.Tetapi Machete dari Amerika Selatan mempunyai bentuk yang lebih kokoh dan sangat cocok dipakai di pedalaman Amazon yang lebih rapat dengan kayu hutan yang keras.Contoh yang lainnya ialah bentuk lengkung yang dimiliki oleh pisau petarung Ghurka yang dipakai juga sebagai  pisau berburu.

Pada ketika ini pisau menjadi alat yang sangat berguna, baik dalam rumah tangga menyerupai memasak.Ibarat barang yang sangat dibutuhkan, pisau seolah-olah menempel di kehidupan.

Referensi:
https://murahgrosir.com/sekilas-tentang-pisau/
http://info.pikiran-rakyat.com/?q=info-kita/kenali-ragam-pisau-tradisional
https://asalmula.wordpress.com/2009/02/19/pisau/

1 Response to "Nih Menguak Sejarah Benda Pisau Hadir Di Dunia"