Nih Sejarah Terbentuknya Kota Lamongan (Jawa Timur)

Nama Lamongan sendiri berasal dari nama seorang tokoh pada masa dulu . Kabupaten Lamongan ialah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibukotanya ialah Lamongan. berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Gresik di timur, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jombang di selatan, serta Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban di barat.
 Nama Lamongan sendiri berasal dari nama seorang tokoh pada masa dulu  Nih Sejarah Terbentuknya Kota Lamongan (Jawa Timur)

Kisah Terbentuk Kota Lamongan
Berawal dari diwisudanya Adipati Lamongan pertama yaitu Tumenggung Surajaya(Rangga Hadi) meskipun pada waktu itu Kasultanan Pajang yang menjadi sentra pemerintahan,tetapi yang bertindak mengangkat/mewisuda Surajaya yang menjadi adipati Lamongan yang pertama bukanlah Sultan Pajang melainkan Kanjeng Sunan Giri IV. Hal itu di sebabkan lantaran Sunan Giri prihatin terhadap Kasultanan Pajang yang selalu resa dan situasi pemerintahan yang kurang mantap,dan faktor yang lain ialah Kanjeng Sunan Giri merasa bingung atas tingkah para pedagang abnormal dari Eropa yaitu pedagang Portugis yang ingin menguasai Nusantara khususnya pulau Jawa dan perlu diketahui bahwa berdirinya Kabupaten Lamongan yang sepenuhnya berlangsung di jaman Keislaman dan diwisudanya Tumengung Surajaya bertepatan pada tanggal 10 dzulhijah 976 H yang tidak lain ialah hari Idul Adha dan sesudah ditelusuri jatuh pada tanggal 26 Mei 1569 M.

Beliau (RanggaHadi) waktu gampang berjulukan Hadi,yang berasal dari Dusun Cancing yang terletak di wilayah Sendangrejo kecamatan Ngimbang kabupaten Lamongan.sejak masih gampang dia sudah nyuwito di Kasunanan Giri dan dia juga termasuk santri yang dikasihi oleh Kanjeng Sunan Giri lantaran sifatnya yang baik,terampil,cakap dan cepat menguasai anutan Agama Islam oleh lantaran itu karenanya Sunan Giri menunjuk Hadi untuk melakukan perintah membuatkan Agama Islam dan sekaligus mengatur pemerintahan dan kehidupan Rakyat di daerah yang terletak disebelah barat Kasunanan Giri yang berjulukan kenduruan oleh lantaran itu Sunan Giri memperlihatkan pangkat Rangga kepada Hadi.

Singkat dongeng RanggaHadi dengan segenap pengikutnya naik bahtera di kali Lamong dan berhasil hingga di Kenduruan, oleh masyarakat daerah ini Rangga Hadi diberi sebutan Mbah Lamong yang mempunyai arti bakir NGEMONG Rakyat lantaran bakir membina daerah,dan andal menyiarkan Agama Islam,serta dicintai oleh seluruh Rakyatnya dan dari kata Mbah Lamong inilah daerah itu sekarang disebut Lamongan.

Mitos Kota Lamongan
Ikan Bandeng dan Lele merupakan Lambang dari Kota Lamongan . Ikan Lele yang tentunya mempunyai sejarah lantaran menjadi lambang dari Kota Lamongan. Ada yang bilang kalau orang Lamongan orisinil dihentikan memakan ikan tersebut.

Makanan Khas Kota Lamongan
Lamongan dikenal mempunyai masakan khas, yang cukup terkenal dan sanggup dijumpai di banyak sekali daerah di Jawa Timur, contohnya Sego Boranan, Soto Lamongan, Nasi Boranan, Tahu tek, dan Tahu campur lamongan. Wingko Babat ialah kudapan khas dari Babat. Selain itu ada masakan khas dari daerah Paciran yang disebut dengan Jumbreg, selain Jumbreg Paciran juga merupakan daerah penghasil buah siwalan muda yang biasa disebut Ental dalam bahasa jawa. 

Referensi:
https://sejarahasal.blogspot.com//search?q=sejarah-kablamongan-jawa-timur
http://arespank.blogspot.co.id/
http://anaklamonganlor.blogspot.co.id/p/sejarah-kota-lamongan.html

0 Response to "Nih Sejarah Terbentuknya Kota Lamongan (Jawa Timur)"

Posting Komentar