Nih Sejarah Awal Mula Pencak Silat Di Indonesia Dan Dunia

Sejarah Awal Mula Pencak Silat di Indonesia dan Dunia - Pencak silat ialah bela diri orisinil Indonesia yang sekarang telah mendunia. Istilah Silat sendiri sudah dikenal oleh masyarakat Asia Tenggara, mulai dari Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapura, Thailand dan Filipina. Di Indonesia, istilah “Pencak” banyak dipergunakan di kawasan Jawa, sedangkan “Silat” dipakai di Sumatera, Semenanjung Malaya dan Kalimantan.

Jika ditelisik lebih jauh, bergotong-royong pencak silat ini tersebar melalui leluri atau dari ekspresi ke ekspresi yaitu secara lisan. Seperti dari guru ke muridnya contohnya. Sehingga tak heran bila kita sulit menemukan sejarah tertulis mengenai pencak silat ini.

Bahkan ada yang menyampaikan bahwa sejarah pencak silat ini telah tersebar melalui banyak sekali kisah menyerupai beberapa legenda di banyak sekali daerah, menyerupai dari kawasan satu ke kawasan lain dan menyeluruh ke tanah air nusantara. Jadi, tak heran bila dulu di masa kerajaan Majapahit atau Sriwijaya sangat cerdik dalam bertarung. Karena mereka semua khususnya para prajurit perang telah disiapkan ilmu pencak silat yang tinggi biar mereka sanggup bertarung dengan musuh dengan kemahirannya.
Sejarah Awal Mula Pencak Silat di Indonesia dan Dunia Nih Sejarah Awal Mula Pencak Silat di Indonesia dan Dunia
Pencak Silat di Indonesia dan Dunia
Contohnya ialah legenda dari Minangkabau yang menyampaikan silat dengan bahasanya yaitu ‘silek’. Masyarakat Minangkabau meyakini bahwa pencak silat ini telah diciptakan oleh Datuk Suri Draja dari Priangan, Tanah Datar yang berada di kaki Gunung Marapipada. Datuk Suri membuat dan mulai membuatkan tradisi silat ini pada era ke-11. Dan pencak silat pun jadinya tersebar ke seluruh tanah nusantara termasuk Indonesia. Tanah Nusantara ini di antaranya Indonesia, Myanmar, Malaysia, Brunei Darussalam, sebagian Singapura, dan Negara-negara lainnya yang berada di benua Asia bab Tenggara. 

Lalu, seiring berjalannya waktu, silek atau silat ini mulai dibawa dan dikembangkan ke banyak sekali Negara yaitu tanah Asia Tenggara oleh para perantauan Minang. Mungkin Anda pernah mendengar kisah ‘Silat Cimande’. Kisah yang menceritakan wacana seorang perempuan yang melaksanakan silat dengan menggandakan dua binatang yaitu monyet dan harimau. Dan masih banyak lagi para tokoh silat lainnya. Tentunya di setiap kawasan niscaya mempunyai tokoh silat masing-masing dengan banyak sekali keahlian dan jurus silat yang dimiliki para tokoh silat kawasan atau biasa disebut sebagai pendekar. Para hero tersebut misalnya ialah Si Pitung dari Betawi, Hang Tuah, dan Gajah Mada dari Jawa, dan masih banyak lagi pendekar-pendekar sebagai tokoh silat di wilayahnya masing-masing yang mempunyai keahlian berbeda-beda pula.

Donald F. Draeger yang merupakan salah seorang peneliti silat ini telah beropini bahwa bukti dari adanya pencak silat ini sanggup dilihat dari beberapa artefak senjata yang telah ditemukannya. Senjata-senjata yang ditemukan ini telah dipercaya berasal dari masa klasik yaitu pada masa Hindu-Budha di tanah Nusantara. Bahkan ia juga mengakui terdapat adanya sejarah pencak silat ini melalui relief yang membentuk orang dengan gaya kuda-kudanya di Candi Prambanan dan Candi Borobudur.

Perkembangan Pencak Silat
Silat berkembang dari ilmu bela diri dan seni tari rakyat, menjadi bab dari pendidikan bela negara untuk menghadapi penjajah asing. Dalam sejarah usaha melawan penjajah Belanda, tercatat para hero menyerupai Panembahan Senopati, Sultan Agung, Pangeran Diponegoro, Teuku Cik Di Tiro, Teuku Umar, Imam Bonjol, serta para hero wanita, menyerupai Sabai Nan Aluih, Cut Nyak Dhien, dan Cut Nyak Meutia, memakai pencak silat untuk mengusir penjajah.

Seiring perkembangan zaman, silat ketika ini telah diakui sebagai budaya suku Melayu khususnya yang berada di kawasan pesisir pulau Sumatera dan Semenanjung Malaka, serta banyak sekali kelompok etnik lainnya yang memakai lingua franca bahasa Melayu di banyak sekali kawasan di Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan pulau-pulau lain-lainnya.

Organisasi Pencak Silat
Karena pencak silat mulai berkembang seiring berjalannya waktu, maka mulai terbentuklah banyak sekali organisasi pencak silat yang di antaranya:

PERSILAT (Persekutuan Pencak Silat Antara Bangsa)
IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia)
FP2STI (Forum Pecinta dan Pelestari Silat Tradisional Indonesia)
PESAKA Malaysia (Persekutuan Silat Kebangsaan Malaysia)
PERSISI (Persekutuan Silat Siungapore)
EPSF (European Pencak Silat Federation)
Menurut PERSILAT, organisasi yang terdaftar secara resmi, terdapat 33 organisasi pencak silat yang bangkit di banyak sekali Negara seluruh dunia. 

Referensi:
http://jadiberita.com/84032/asal-usul-pencak-silat-bela-diri-indonesia-mendunia.html
http://sejarahlengkap.com/olahraga/sejarah-pencak-silat

1 Response to "Nih Sejarah Awal Mula Pencak Silat Di Indonesia Dan Dunia"