Nih Menguak Sejarah Abad Di Bangunnya Benteng Fort De Kock (Bukittinggi)

Masyarakat Indonesia yang mengerti akan sejarah indonesia, niscaya akan tahu wacana peninggalan sejarah masa kemudian salah satunya Benteng Fort De Kock yang berada di kota Bukittinggi merupakan peninggalan dari negara Belanda pada ketika itu. Benteng tersebut dibangun oleh Kapten  Johan Heinrich Conrad Bouer tahun 1825 berada diatas Bukit Jirek yang dulu dipakai tentara Belanda sebagai tempat pertahanan terhadap serangan dari masyarakat Minangkabau, pada waktu terjadinya perang Paderi tahun 1821-1837.

Benteng Fort De Kock terdapat meriam kecil di 4 sudutnya. Diberi nama dengan Fort De Kock alasannya ialah tempat didirikannya benteng tersebut yaitu Bukit Jirek. Juga sebagai pengabdian  Letnan Gubernur Jenderal Hindia-Belanda yang sekaligus Komandan Militer (commandant der troepen) pada ketika itu, Hendrik Merkus Baron de Kock.
 Masyarakat Indonesia yang mengerti akan  Nih Menguak Sejarah Masa Di Bangunnya Benteng Fort De Kock (Bukittinggi)


Adanya Benteng tersebut tidak sanggup dipisahkan dari sejarah terjadinya perang Paderi tahun 1821-1837 yang berujung masuknya tentara Hindia-Belanda ke dalam konflik. Yang pada ketika itu tentara Hindia-Belanda di mintai sumbangan dari Kaum Adat yang ternyata dengan sesuka hati membangun benteng di  daerah dataran tinggi (darek) Minangkabau untuk mengalahkan Kaum Paderi. Diantara Benteng yang dibangun ialah Fort de Kock di Bukittinggi dan Fort van der Capellen di Batusangkar. Akibatnya perjanjian yang diadakan oleh Kaum Adat dengan tentara Hindia-Belanda menciptakan mereka dirugikan dan runtuhnya kerajaan Pagaruyung.
 Masyarakat Indonesia yang mengerti akan  Nih Menguak Sejarah Masa Di Bangunnya Benteng Fort De Kock (Bukittinggi)

Pada tahun 2002 kemudian pemerintah derah setempat merenovasi daerah daerah Benteng Fort De Kock yang kini menjadi Taman Kota Bukittinggi (Bukittinggi City Park) dan Taman Burung Tropis (Tropical Bird Park). Hingga ketika kini Benteng tersebut masih ada sebagai bangunan bercat putih-hijau setinggi 20 m. Kawasan sekitar benteng sudah dipugar oleh pemerintah daerah menjadi sebuah taman dengan banyak pepohonan rindang dan mainan anak-anak.
Menguak Sejarah Masa Di Bangunnya Benteng Fort De Kock (Bukittinggi) 

0 Response to "Nih Menguak Sejarah Abad Di Bangunnya Benteng Fort De Kock (Bukittinggi)"

Posting Komentar