Nih Sejarah Alat Musik Gitar Di Mancanegara

Sejarah Alat Musik Gitar di Mancanegara - Siapa sih yang tidak kenal dengan alamat musik satu ini "Gitar". Didalam sebuah lantunan musik gitar selalu mengisinya dengan bunyi-bunyi yang sangat menakjubkan buat para pendengar di dunia. Apalagi mereka-mereka sangatlah menyukai alat musik gitar.

Untuk itu mimin catatansejarah bakalan menguak sejarah bagaimana adanya alat musik gitar ada di mancanegara. monggo disimak ya :D

Gitar yaitu suatu alat musik tradisional Spanyol sehingga dipercaya bahwa alat musik ini berasal dari spanyol.Tapi ada juga yang menyampaikan bahwa sejarah gitar dimulai jauh sebelum Masehi yaitu pada jaman Babilonia.Pada awalnya alat musik ini bentuknya kecil dan mempunyai empat dawai yang masing - masing berpasangan

Pertama-tama: Dari Babilonia sampai Senar Enam 
Sejarah gitar dipercaya dimulai di wilayah Timur Dekat. Di antara puing-puing yang di temukan di Babilonia, yang paling relevan yaitu gitar yang dibentuk pada 1900-1800 SM. Dari masa itu, sampai tahun 1650, gitar mengalami evolusi yang begitu rumit dan beraneka ragam. Begitu banyak jenis dan masing-masing mempunyai nama yang berbeda.

Beberapa kalangan beropini lain, menganggap gitar justru berasal dari negara Spanyol alasannya alat musik gitar mirip sama alat musik Spanyol yang berjulukan Vihuela yang beredar pada awal periode ke-16. Alat gres ini (gitar) mempunyai cara pembuatan yang sama dengan alat musik ukulele. Gitar pertama kali yang dibentuk bergotong-royong berukuran sangat kecil dan juga hanya mempunyai empat dawai, mirip ukulele.

Pada masa klasik banyak terdapat publikasi yang dilakukan oleh para pembuat lagu dan juga para pemusik. Seperti Fernando Sor, Mauro Guiliani, Matteo Carcassi, Fernando Caulli, dan masih banyak para pencipta yang mengembangakan metode bermain gitar yang alhasil menjadi permainan yang umum dan sanggup diterima.

Instrumen yang penting kontribusinya dalam perkembangan gitar yaitu instrumen Cittern. Instrumen ini juga berbentuk mirip buah pir dengan bab belakang yang rata, dengan empat atau lima pasang senar dari kawat dan dengan fretting yang permanen apakah itu diatonik mirip Appalachian Dulcimer ataupun chromatic mirip gitar modern. Tuning head sudah dipasang mirip mirip pada gitar atau mandolin. Stemannya sama dengan mandolin (in fifths) dengan fingering dan chord yang sama dan dimainkan dengan plectrum atau pick. Four Course Guitar mempunyai 4 pasang senar, body berbentuk gitar dan soundboard yang rata, bridge dari lute dan bab belakang dibentuk setengah melengkung tetapi tidak terlalu membentuk bulatan. Instrumen ini berukuran mirip gitar anak-anak. Five Course Guitar muncul sekitar tahun 1490 dan mirip dengan four course guitar dengan perhiasan satu pasang senar bass. Instrumen ini dinamakan juga English Guitar. Ada pula Vihuela De Mano berasal dari Spanyol dan merupakan instrumen dengan enam pasang senar. Bodynya cukup besar mirip gitar klasik jaman kini dan mempunyai beberapa lubang bunyi di atasnya. Instrumen ini memakai fixed bridge dan kemungkinan merupakan nenek moyang eksklusif dari gitar 12 senar USA yang masuk ke Amerika Utara melalui Mexico, Texas dan Louisiana.

Masih banyak jenis gitar lainnya yang terus berkembang. Gitar mirip yang kita kenal sekarang, yaitu bersenam enam, gres muncul sekitar tahun 1750. Dan selama sekitar 90 tahun berikutnya (hingga tahun 1840), gitar senar enam ini cukup pesat berkembang di Spanyol. kau sanggup juga membaca mengenai gitar disini

0 Response to "Nih Sejarah Alat Musik Gitar Di Mancanegara"

Posting Komentar